Merry Christmas...May God Bless You and Fams

09 Desember 2012

STATISTIKA SEBAGAI BEKAL MASA DEPAN




Statistika, apa itu statistika? Mungkin memang tidak banyak orang awam yang mengetahui tentang apa itu ilmu statistika. Apa yang dapat dilakukan setelah mempelajari ilmu statistika? Apa pekerjaan yang dapat ditekuni oleh lulusan statistika? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul atau yang sering ditanyakan orang awam kepada saya. Tentunya kita sebagai mahasiswa Universitas Diponego jurusan statistika harus bisa menjawab pertanyaan tersebut, karena untuk mempelajari sesuatu tentunya kita harus terlebih dahulu
mengerti apa yang akan kita pelajari tersebut. Dalam essay ini akan dibahas apa manfaat kita mempelajari statistika sebagai jurusan kita diperkuliahan untuk digunakan sebagai bekal kita nanti dalam menghadapi tantangan dunia atau pekerjaan nantinya. Dan dalam essay ini juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan
diatas.

Dimulai dengan pengumuman bahwa saya tidak diterima jalur SNMPTN jalur undangan, saya merasa saya harus bisa masuk melalui jalur SNMPTN ujian tulis, karena jika tidak diterima, orang tua pasti memaksa untuk masuk Perguruan Tinggi Swasta jurusan Pendidikan yang tentu saja sangat tidak saya sukai. Untuk itu saya mengikuti bimbel dengan penuh semangat dan harapan untuk tidak gagal untuk yang kedua kalinya. Sampai pada saat pengumuman SNMPTN jalur ujian tulis, ternyata saya bisa diterima masuk statistika Universitas Diponegoro, sebenarnya ada perasaan senang dan juga sedih, sedih karena tidak diterima pada pilihan pertama, yaitu jurusan pendidikan dokter  Universitas Diponegoro yang merupakan cita-cita saya, namun saya merasa senang karena setidaknya saya diterima di Universitas Diponegoro dengan jurusan statistika yang bisa dibilang jurusan yang cukup keren dan memiliki prospek kedepan yang baik. Namun ada beberapa pendapat orang yang sempat membuat saya berkecil hati, ada yang mengatakan bahwa jurusan statistika adalah yang tidak terkenal, akreditasi B, hanya dapat menjadi seorang pegawai dan lain sebagainya. Belum lagi orang tau yang awalnya optimis saya bisa diterima di pilihan pertama, tetapi ternyata faktanya tidak berkata demikian, saya merasa saya telah mengecewakan mereka. Tapi mereka percaya Tuhan telah merencanakan sesuatu yang luar biasa untuk saya.
Dalam menjalani hidup ini ada prinsip yang saya pegang, yaitu setiap pilihan yang kita pilih memiliki resikonya masing-masing yang sudah menjadi keharusan kita untuk di hadapi dengan sungguh-sungguh, dan saya juga sangat yakin bahwa apa yang telah Tuhan tetapkan untuk kita itulah yang terbaik untuk kita, bahkan lebih dari apa yang kita pikirkan. Itulah hal yang memotivasi saya untuk menjalani jurusan statistika ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan dan dengan semangat motivasi yamg saya miliki. Dan saya sangat yakin bisa menjalani dengan baik, dan saya juga yakin kesuksesan yang akan saya raih berasal dari sini. Itulah sedikit gambaran tentang hal-hal yang menjadi motivasi dan alasan saya untuk belajar di Universitas Diponegoro ini dengan semangat dan ketekunan.
Statistika sebagai bekal masa depan? Apakah dapat menjadikan bekal untuk masa depan yang cerah? Atau malah masa depan yang suram? Memang bukan kita yang menentukan hidup, namun bukankah kita diberi kebebasan untuk memilih? Jadi sebenarnya ditangan kita jugalah masa depan kita itu. Lalu jika masa depan itu sungguh berarti, mengapa harus memilih jurusan statistika? Apakah itu sudah merupakan pilihan yang tepat untuk meraih suatu masa depan yang begitu cemerlang? Tentu saja bisa, dengan doa dan penuh kepercayaan, apapun yang kita inkakan kita dapatkan bukan?
Apa itu statistika? Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana kita merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi (menjelaskan), dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Di zaman modern ini banyak sekali bidang yang nemakai ilmu statistika, sebagai contoh yang pertama adalah suatu perusahaan, tentunya dalam suatu perusahaan akan memerlukan seorang statastisi untuk mengolah data dari perusahaan tersebut sedemikian rupa, hingga olehnya dapat memberikan suatu informasi yang diperlukan oleh perusahaan tersebuat, seperti laba perusahaan, persentasi kerugian, dan lain sebagainya. Statistika juga digunakan dalam bidang pemerintahan untuk berbagai macam tujuan, antara lain, sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika yang lainnya adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta quick count. Jadi tentu saja di jaman yang modern ini statisika sangat diperlukan dalam berbagai bidang, dan singkatnya orang yang memiliki ilmu statistika tentunya dapat bekerja dalam berbagai lapangan pekerjaan dan selain sebagai pekerjaan juga dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud rasa syukur kita akan kesempatan kita memperoleh ilmu ini. Seperti contohnya kita dapat mengajari seseorang ilmu dasar statistika demi kemajuan masyarakat.  Jadi statistika merupakan ilmu yang sangat layak untuk dipelajari sebagai bekal masa depan kita yang cemerlang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar